دلالة الحب والمودة في القرآن الكريم من حيث دراسة تحليلية دلالية وقيمهما التربوية

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kontekstual kata al-Hubb dan al-Mawaddah serta nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada keduanya. Adapun metode yang digunakan adalah metode analisis konten, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian ini antara lain: Makna kontekstual kata Al-Hubb menunjukan makna ketaatan, penghormatan, pengenalan, pengesaan, penghambaan, sandaran, ketulusan, keyakinan, hawa nafsu, syahwat, keinginan, kesenangan hati, rahmat, dan kenikmatan. Adapun makna kontekstual kata Al-Mawaddah menunjukan makna saling mengenal, persahabatan, kesetiaan, kesepakatan, kemurahan hati, silaturahmi, cinta, pernikahan, persaudaraan, dan pujian yang baik. Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung pada kata Al-Hubb dan Al Mawaddah yaitu pengesaan dan penyerahan diri kepada Allah serta ketaatan kepadanya, mendidik anak dengan penuh keinginan, ikhlas terhadap setiap perbuatan, menjaga silaturahmi, setia dalam pertemanan, saling menolong sesama manusia, serta rendah hati.