ISTIKHDĀM USLŪB AL GHINĀ FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH LI TARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ ALHIWĀR AL ‘ARABĪ

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung yang beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit. Realita ini menjadikan minat dan semangat belajar mereka menurun. Oleh karena itu, seorang guru perlu memilih teknik yang sesuai agar para siswa merasa semangat dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar sebelum menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode quasi eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, test, dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik dari 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat meningkatkan kemampuan siswa dalam hiwar siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung dengan nilai t hitung (276) lebih besar dari t tabel (73).