ISTIKHDĀM DAWĀIR AL-BITHĀQĀH FĪ TA’LĪM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LI MĀDAH AL-TARKĪB LI TARQIYATI TAHSHĪL AL-TALĀMIDZ AL-DIRĀSI FĪHI
Abstract
Berdasarkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib di MA Al-Istiqomah Cijerah Bandung yaitu rendah. Dan faktor yang menyebabkan rendahnya itu adalah latar belakang siswa, minat dan bakat siswa, motivasi siswa. Oleh karena itu, guru membutuhkan media yang tepat untuk mencapai tujuan utama dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib dengan media Circular Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi Tarkib sebelum dan sesudah menggunakan media circular card, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pretest dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib sebelum menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 64. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 81. Serta peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib menunjukkan pada kategori 0,66 atau 66%.