IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Abstract

Penelitian ini bertolak dari banyaknya penggunaan metode-metode  dalam pembelajaran bahasa Arab  di  Indonesia  dari  dulu  sampai  sekarang.  Hal  itu  nampak  dari  berbagai metode yang digunakan dalam pengajaran Bahasa arab di sekolah dan pesantren, bahkan perguruan  tinggi. Metode  kaidah  terjemah  paling  banyak  digunakan  dalam  pengajaran bahasa  Arab.  Pada penelitian  ini  peneliti  akan  memaparkan  metode  mubâsyirah  dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih didasarkan pada belajar bahasa Arab sama dengan belajar   bahasa   ibu,   yakni  penggunaan   bahasa   secara   langsung   dan   intensif   dalam komunikasi. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui   hal-hal yang berkaitan dengan metode  langsung  (tharîqah mubâsyirah)  dalam  pembelajaran  bahasa  Arab  dan  langkah- langkah teknis yang dilakukan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis teori. Adapun hasil penelitiannya bahwa  pendekatan  yang  digunakan  pada metode  ini  adalah  pendekatan  komunikatif, sedangkan   metode   dan   teknik  pembelajarannya   lebih   mengutamakan   kemampuan berbicara, bukan kemampuan menulis dan guru memperkenalkan suatu kata atau frasa baru dengan mendemontransikan maknanya melalui  pemakaian realia,  gambar-gambar, atau pantomim.