IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Penelitian ini bertolak dari banyaknya penggunaan metode-metode dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dari dulu sampai sekarang. Hal itu nampak dari berbagai metode yang digunakan dalam pengajaran Bahasa arab di sekolah dan pesantren, bahkan perguruan tinggi. Metode kaidah terjemah paling banyak digunakan dalam pengajaran bahasa Arab. Pada penelitian ini peneliti akan memaparkan metode mubâsyirah dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih didasarkan pada belajar bahasa Arab sama dengan belajar bahasa ibu, yakni penggunaan bahasa secara langsung dan intensif dalam komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan metode langsung (tharîqah mubâsyirah) dalam pembelajaran bahasa Arab dan langkah- langkah teknis yang dilakukan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis teori. Adapun hasil penelitiannya bahwa pendekatan yang digunakan pada metode ini adalah pendekatan komunikatif, sedangkan metode dan teknik pembelajarannya lebih mengutamakan kemampuan berbicara, bukan kemampuan menulis dan guru memperkenalkan suatu kata atau frasa baru dengan mendemontransikan maknanya melalui pemakaian realia, gambar-gambar, atau pantomim.