ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ

Abstract

Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa τ hitung lebih besar dari pada τ tabel yaitu 176>  126.