Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa Keuangan yang Teerdaftar di BEI 2014 – 2018 Dengan Perencanaan Pajak Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Tujuan dari berdirinya sebuah perusahaan terbagi atas dua diantaranya short-term oriented, yaitu mencapai keuntungan yang maksimal agar dapat memakmurkan pemilik perusahaan dan para pemilik saham dan long-term oriented, yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Pendapat tersebut sebenarnya secara substantial tidak banyak berbeda. Hanya saja penekanan yang ingin dicapai oleh masing-masing perusahaan berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya (Harjito dalam Sukirni, 2012). Tujuan tersebut dapat diraih oleh orang-orang yang berkepentingan di perusahaan yaitu agent dalam hal ini manajer dan yang ikut merasakan dampak atas kebijakan yang diterapkan adalah principal atau stakeholder yang dalam hal ini adalah investor. Salah satu indikator terpenuhinya kepentingan dari stakeholders adalah nilai perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang pengaruh variabel Manajemen Laba terhadap Variabel Nilai Perusahaan dengan Perencanaan Pajak sebagai variable moderasi. Populasi pada penelitian ini yaitu Perusahaan Manufaktur dan Jasa Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018 dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 285 sampel.Hasil penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa praktik Manajemen Laba mempunyai pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dan Jasa Keuangan yang terdaftar di BEI periode 2014 – 2018. Selanjutnya, penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa Perencanaan Pajak dapat memoderasi pengaruh Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dan Jasa Keuangan yang terdaftar di BEI periode 2014 -2018.