PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK PENDANAAN TERHADAP JUMLAH NASABAH PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP BENGKALIS
Abstract
ABSTRACTThe marketing strategy is basically a whole plan, integrated and unified field of marketing, which provides guidance on activities to be carried out in order to achieve the marketing objectives of a company. Marketing strategy standalone Islamic bank KCP Bengkalis, to encourage customers to participate in activities such as banking, namely, location, promotion, and product sharing. Marketing is human activity directed to meet and satisfy the needs and human desires through the exchange process. Establishment of site selection Islamic Bank Mandiri KCP Bengkalis positively to the value of 6.589 on the variable increase the number of customers using 4 indicators, strategies, location, location and comfort. With four variables used in this study proved that the location variable has the highest influence. In this research, using a sampling method with random sampling technique. Then the retrieval of data by using a questionnaire containing open and closed questions. From the data obtained was then processed using statistical linear regression formula with the help of software SPSS 16. From the results obtained, the location variables have the most influence and significant to the variable increase in the number of customers of Bank Syariah Mandiri KCP Bengkalis. Keyword: Marketing Strategies, Increasing Number of Customers ABSTRAKStrategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yangmenyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Strategi pemasaran bank syariah mandiri Kcp Bengkalis, untuk mengajak nasabah agar turut serta dalam kegiatan perbankan yaitu diantaranya, lokasi, promosi, bagi hasil dan produk. Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusian dan keinginan melalui proses pertukaran. Pemilihan lokasi pendirian Bank syariah Mandiri Kcp Bengkalis berpengaruh positif dengan nilai 6,589 terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah dengan menggunakan 4 indikator, strategis, lokasi, letak dan kenyamanan. Dengan empat variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini terbukti bahwa variabel lokasi memiliki pengaruh yang paling tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran yang dilakukan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Bank Syari’ah Mandiri KCP Bengkalis pada tahun 2010-2011. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Kemudian pengambilan data dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus statistic regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh, variabel lokasi memiliki pengaruh paling besar dan signifikan terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri Kcp Bengkalis. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Jumlah Nasabah