Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh desain produk, kualitas produk, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan yaitu pengguna smartphone Samsung sebanyak 100 yang berlokasi di mall Plaza Marina Surabaya. Teknik Samplingnya menggunakan nonprobability sampling, yaitu accidental sampling. Teknik data menggunakan Structural Analysis Modelling (SEM) dengan software AMOS 22. Berdasarkan pembahasan terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut: 1) Tidak terdapat pengaruh positif antara desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,130) dengan standardized koefisien parameter sebesar -0,389. 2) Tidak terdapat pengaruh layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,681) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar -0,098. 3) Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Kesimpulan ini berdasarkan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,740 dengan nilai p yang SIGNIFIKAN yaitu p 0,001 (p = ***). 4) Tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. kesimpulan ini berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,012) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,676.