PERBEDAAN METODE PRICING, KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PASAR TRADISIONAL

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu titik kumpul perekonomian masyarakat. Sedangkan pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, kotor dan sebagainya. Perlunya strategi pengembangan pasar tradisional agar pasar tradisional tetap menjadi pilihan pembeli untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah, revitalisasi pasar memakan biaya yang tinggi. Pasar yang ingin berkembang dengan bantuan pemerintah melalui kebijakan revitalisasi pasar hendaknya tidak hanya menghasilkan kemajuan yang tampaknya nyaman secara fisik. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan melakukan pengamatan tentang suatu fenomena dalamĀ  keadaan ilmiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode pengumpulan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Krisna Madubronto Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga, keberagaman produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Pasar digital