MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conference writing di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi dua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelum diterapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik) dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata yaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.