Pengembangan Assesmen Afektif Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 2 Majene
Abstract
Hasil belajar dipandang sebagai akibat proses belajar dan pencapaian hasil belajar lebih banyak ditentukan oleh proses pembelajaran. Penilaian bertujuan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan assesmen afektif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek melalui model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation. Subjek uji coba adalah siswa SMA Negeri 2 Majene kelas X1 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis Validitas dengan Correlate Bivariate Pearson diperoleh nilai korelasi untuk setiap butir soal yang lebih besar dari 0,3 dengan nilai korelasi berdasarkan SPSS lebih kecil dari 0,05. Tingkat reliabilitas lebih besar 0,70 yaitu masing-masing 0,798, 0,804, dan 0,811. Melalui wawancara siswa berpendapat bahwa pembelajaran ini menyenangkan, hal ini menyebabkan nilai siswa pada setiap pertemuan meningkat.