KELAYAKAN PUTIK BERISI (PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LITERASI SAINS) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis kelayakan buku petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan tahap pengembangan yang merujuk pada pemikiran Sukmadinata (2013:169) sehingga tahap pengembangan meliputi: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba; dan (7) penyebarluasan. Validasi produk dilakukan untuk memperoleh kelayakan dari produk yang telah dikembangkan. Instrumen yang digunakan pada tahap validasi adalah lembar validasi yang berisi empat aspek penilaian yaitu (1) kesesuaian isi; (2) kebahasaan; (3) komponen kegrafikan; dan (4) kesesuaian syarat teknis. Proses penilaian dengan menggunakan lembar validasi dilakukan oleh tiga dosen ahli. Tahapan validasi dilakukan sebelum uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa semua aspek penilaian memperoleh kriteria baik dengan persentase masing-masing aspek sebesar 88,8%; 77,1%; 90,5%; dan 93,6%. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk peserta didik kelas V sekolah dasar layak digunakan dengan melakukan perbaikan sesuai saran dari validator.