PERMBELAJARAN PPKn DENGAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA SMA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran PPKn dengan value clarification technique (VCT) berbantuan role playing terhadap keterampilan intelektual siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain melalui kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan VCT. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p = 0,006<0,05), sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,849>1,99). Dengan demikian pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing efektif dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa SMA