PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS

Abstract

Prevalensi autis baik di Indonesia maupun dunia sedang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan masalah autisme menjadi masalah serisu bukan hanya di bidang kesehatan yang juga pendidikan. Hingga kini, penyebab autisme belum dapat dipastikan yang diterapkanpun belum optimal. Melalui implementasi bimbingan dan konseling di sekolah, guru berusaha untuk mengatasi masalah yang dialami anak autis khususnya masalah rendahnya kemampuan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah mendukung permainan gobak sodor dalam kelompok untuk meningkatkan kemampuan sosial anak autis. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain subjek tunggal tipe AB. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan interaksi sosial anak setelah penerapan permainan gobak sodor dalam bimbingan kelompok, Selain itu, temuan baru dari penelitian ini adalah melibatkan partisipasi anak dalam membangun interaksi dengan anak autis. Hal ini benar-benar positif untuk kedua belah pihak yaitu pada anak autis dan juga anak normal yang setuju dalam permainan.