PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI INFORMAL DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi informal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan ceklis. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan kompetensi pedagogik guru meningkat dari siklus ke siklus, pada pra siklus nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru di SDN Margorejo I adalah 59,79 dengan 21 % guru yang memiliki kriteria kurang, dan 79 % guru memiliki kriteria cukup. Pada siklus I (pertama)terjadi peningkatan 20,83 %. Pada siklus II (kedua) juga terjadi peningkatan sebesar 70,82 % pada kriteria baik, dari 20,83% pada siklus I (pertama)meningkat menjadi 91,67% pada siklus II (kedua). Pada siklus II (kedua) ini indikator ketercapaian kompetensi pedagogik guru sudah mencapai lebih dri 80% baik