gambaran penanaman nilai-nilai antikorupsi di sekolah dasar islam sunan ampel II sidoarjo
Abstract
Pendidikan antikorupsi adalah usaha yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan untuk membentuk mental atau karakter siswa antikorupsi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penanaman nilai-nilai antikorupsi di Sekolah Dasar Islam Sunan Ampel II Sidoarjo. Penelitian ini bersifat empris dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan dengan 3 narasumber yakni kepala sekolah dan 2 guru. Sedangkan pelaksanaan observasi dilakukan peneliti selama 4 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Islam Sunan Ampel II Sidoarjo telah menerapkan nilai-nilai anti korupsi yang ditunjukkan dengan penerapan 9 (Sembilan) nilai anti korupsi yaitu kejujuran, kemandirian, keberanian, keadilan, kesederhanaan, kepedulian, kerja keras, tanggungjawab, dan kedisiplinan.