PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Sikap profesional yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi kunjungan kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan profesionalisme guru meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru adalah 71,09. Sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata profesionalisme guru adalah 77,6. Indikator ketercapaian penelitian tindakan sekolah nilai rata-rata kemampan guru dalam mengajar diatas 75 melebihi target yang ditentukan peneliti.