PEMBIMBINGAN DENGAN MODEL PeTiS NaSi UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKUKAN TERAPI RELIGI

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui pembimbingan terhadap guru dengan model PeTis NaSi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mempraktekkan Terapi Religi pada siswa. Langkah-langkang model ini meliputi; perencanaan, latihan di sekolah/ tempat kerja, melaksanakan praktek di sekolah yang telah dijadwalkan, direfleksikan bersama untuk perbaikan lebih lanjut. Pendekatan penelitian menggunakan kwalitatif, dengan metode deskriptif. Intrumen penelitian mengunakan angket dan lembar observasi dan testimonial, angket diberikan pada guru sebelum bimbingan dan setelah melakukan praktek, lembar observasi digunakan saat proses bimbingan dan saat proses praktek terapi religi, testimonial diberikan pada guru dan siswa yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis data hasil angket saat pertemuan awal, 100 % guru peserta belum melakukan/ mempraktekkan terapi/sejenisnya, setelah dilaksanakan pembimbingan pada sesi I rata-rata kemampuan guru menunjukkan nilai 66,1 berada pada kategori baik, lebih meningkat lagi pada sesi II rata-rata menunjukkan 88,4 . Jika di bandingkan peningkatan dari sisi I dan II menunjukkan peningkatan sebesar 23 %. Berdasarka hasil testimoial terhadap guru rata guru menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terhadap prilaku guru sendiri dan siswa. Dari testimonial terhadap siswa, menyatakan timbul kesadaran atas kesalahan dan merubah perilaku yang baik pada orang tuan, dengan lebih bersemangat lagi untuk belajar. Kesimpulan dari kegiatan ini, pembimbingan Terapi religi dengan Model PeTis NaSi dapat meningkatkan kemampuan guru    dalam melakukan terapi religi pada siswa., guru lebih percaya diri dan bersemangat untuk melakukan praktek di sekolah.