PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pendidikan karakter siswa (2) Bagaimana perilaku siswa, (3) apakah ada pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sindangjawa yang berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakkan simple random sampling diperoleh sampel 88 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket, observasi dan dokumentasi. Alat ukur yang digunakan adalah angket, analisis instrumen meliputi analisis uji validitas dan reliabitas. Analisis data berupa analisis regresi linier sederhana dan uji korelasi. Sebelum dilakukan analisis dilakukakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendidikan karakter siswa tergolong sangat tinggi dengan persentasi 88,64%, (2) Perilaku siswa menunjukan kategori sangat baik sebesar 77,27%, (3) Terdapat pengaruh positif antara pendidikan karakter terhadap perilaku siswa. Dimana apabila pendidikan karakter siswa meningkat 1% maka akan diikuti pula peningkatan perilaku siswa sebesar 0,471. Pada uji f diperoleh fhitung sebesar 4,483 dan nilai ftabel taraf sig 5% sebesar 3,39. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai r sebesar 0,446 dan r2 sebesar 0,526. Hal ini berarti bahwa pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku siswa sebesar 52,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari variabel dalam penelitian ini.