SURVEI KEPUASAN PASIEN KLINIK UIN SUNAN AMPEL

Abstract

Abstrak: Adanya mutu pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien pasti membuahkan dampak positif dalam keberlangsungan penyelenggaraan Klinik UINSA. Berdasarkan paparan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk menyurvei tingkat kepuasan pasien di Klinik UINSA. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat survei. Sedangkan dari segi waktu, maka penelitian ini bersifat Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien Klinik UINSA periode bulan Mei 2017. Sampling dilakukan dengan incidental sampling. Diperoleh sampel sebesar 30 pasien. Teknik pengambilan data dengan kuesioner. Hasil pengumpulan data disajikan dengan tabel distribusi frekuensi berupa grafik atau diagram. Hasil survey didapatkan bahwa karakteristik pasien 87% berusia kurang dari 20 tahun, 70% berjenis kelamin perempuan, 73% puas terhadap pelayanan petugas klinik, 87% puas terhadap pelayanan dokter klinik, 82% puas terhadap lama waktu registrasi di klinik, 73% puas terhadap lama waktu pelayanan apotek klinik, 90% puas terhadap kebersihan klinik. Diharapkan penelitian ini bisa dikembangkan oleh peneliti selanjutnya agar mutu pelayanan di Klinik UIN Sunan Ampel Surabaya bisa lebih baik.