PENGGUNAAN METODE TRADING PLACES DALAM PEMBELAJARAN ASMĀUL H}USNA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran trading places pada materi asmāul h}usna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SD. Objek dari penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas VI SDN V Ngronggo Kota Kediri yang berjumlah 33 peserta didik. Pemilihan populasi dengan menyertakan seluruh peserta didik kelas VI sehingga menjadi penelitian populasi dan dengan disertai perhitungan yang cermat berdasarkan rumus yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, serta dokumentasi. Hasil data yang diperoleh akan diolah menggunakan analisis sign test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran trading places adalah baik, hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang menunjukkan nilai sebesar 89%; (2) Pengaruh model pembelajaran trading places terhadap pemahaman peserta didik pada pelajaran asmāul h}usna peserta didik kelas VI SDN Ngronggo Kota Kediri, berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai signifikansi dari hasil uji sign test sebesar 0,000 atau signifikansi < 0,05 sehingga keputusan analisis data adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest hasil pembelajaran trading places.