ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENJUMLAHAN

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses berpikir siswa sekolah dasar kelas 1 dalam menyelesaikan soal-soal materi penjumlahan. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah dua siswa program sekolah dasar kelas 1 yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.  Siswa sebanyak dua orang tersebut masing-masing memiliki kemampuan rata-rata atau sedang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada tes tertulis dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan hasil tes tertulis digunakan metode triangulasi waktu, dimana di waktu yang berbeda diberikan soal dengan karakter yang sama. Dari hasil penelitian tersebut, masing-masing memperoleh kesimpulan bahwa siswa laki-laki memiliki proses berpikir konseptual, dan siswa perempuan memiliki proses berpikir konseptual.