PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Harga Diri kelas III SDN Sukamahi 02 Megamendung Bogor. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang diambil dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 22 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok belajar yang pada kegiatan pembelajarannya diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok belajar yang pada kegiatan pembelajarannya tidak diberikan perlakuan yaitu hanya dengan model konvensional yang biasa guru lakukan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal dengan test pilihan ganda. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil nilai thitung sebesar 6,149 lebih besar dari nilai ttabel 2,021. Serta nilai signfikansi yaitu 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.