Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 67 orang siswa dengan teknik Proporsional Cluster Random Sampling dari SMA di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Ada pengaruh langsung penguasaan konsep kognitif matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap penguasaan konsep kognitif matematika. 4) Ada pengaruh tidak langsung antara partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penguasaan konsep kognitif matematika. Implikasi penelitian, bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dilakukan peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan konsep kognitif. Baik orangtua, guru, komponen sekolah perlu memberikan perhatian dan dorongan terhadap siswa di sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Batang.