Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas IV SD Inpres Sepee Kabupaten Barru

Abstract

Menurut hasil analisis ulangan harian 1 tema 1 keberagaman budaya bangsaku, 50% dari 3 orang tidak tuntas belajarnya dari 6 orang jumlah siswa hadir tes, rata-rata skor nilai yang dicapai 67,83, tidak mencapai standar KKM 70 dan standar tuntas klasikal 67%. Penelitian bertujuan tujuan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Sepee kabupaten Barru pada tema 1 daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (classroom research). terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Setiap satu kali pertemuan terdiri atas dua jam pelajaran (2 x 35 menit). Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: Perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observe), refleksi (reflect), jika siklus satu belum mencapai standar kualitas indikator hasil penelitian, dilanjutkan siklus 2, begitu terusnya sampai mencapai target penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar meningkat persentase skor sebesar 33,33% dari siklus II ke siklus III, persentase skor klasikal 83,33% tuntas siklus III. Perubahan penguatan peningkatan secara positif rerata hasil belajar meningkar skor rerata hasil belajar 5,83 dan kategori kurang ke cukup dari siklus II ke siklus III, skor rerata 72,5 dikategorikan cukup siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif kemampuan guru meningkat persentase skor 13,09%, meningkat kategori cukup ke baik dari siklus II ke siklus III, persentase skor 76,19% dikategorikan baik siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif aktifitas belajar siswa meningkat persentase skor 10,12%, kategori yang dicapai tetap baik dari siklus II ke siklus III tetapi sudah sesuai standar, persentase skor 79,56% dikategorikan baik siklus III.