Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan II siklus yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis paragraf siswa kelas XI AP I SMK Negeri 7 tahun 2016/2017 Makassar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan Chain Word Flag tiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan Chain word Flag, terlihat dari hasil tes menulis paragraf siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 58.29 dan setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 67.3 atau meningkat sebanyak 9.01 % dari prasiklus. Pada siklus II meningkat menjadi 77.04 atau meningkat sebanyak 9.74 % dari siklus I dan meningkat sebanyak 18.75 % dari prasiklus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil pengamatan terdapat pengaruh positif yaitu adanya peningkatan motivasi belajar, keaktifan menulis paragraph, dan keberanian siswa dalam bertanya serta mengeluarkan pendapat.