Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Pemasaran dan Produksi Pada Nuansa Kerupuk

Abstract

Banyaknya usaha kuliner saat ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha camilan untuk menjual dan memasarkan produknya. Salah satu camilan yang digemari masyarakat adalah kerupuk. Hal ini dikarenakan kerupuk dapat dimakan langsung ataupun sebagai pendamping makanan lain. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Nuansa Kerupuk. Nuansa kerupuk merupakan industri rumah tangga yang memproduksi kerupuk bawang, kerupuk udang dan kerupuk pedas manis. Nuansa Kerupuk terletak di Ubung Kaja, Denpasar. Pada saat ini, terdapat beberapa kendala berupa keterbatasan dalam peralatan produksi serta pemasaran produk. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka akan dilakukan kegiatan bertahap mulai manajemen produksi dan pemasaran. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi, pemberian bantuan peralatan produksi, pelatihan penggunaan peralatan produksi, pembuatan desain label kemasan produk, pelatihan dan penyuluhan pengemasan produk serta evaluasi kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan label kemasan produk mitra. Dampak yang dirasakan mitra setelah kegiatan adalah proses produksi menjadi lebih cepat dan daya tahan produk menjadi lebih lama dengan dikemas menggunakan alat press plastik. Selain itu terdapat peningkatan pengetahuan mitra dalam penggunaan alat press plastik dan peningkatan jumlah produksi sebanyak 52%. Berdasarkan hasil evaluasi kuesioner kepada peserta, maka kegiatan pelatihan berlangsung sangat baik dengan persentase evaluasi sebesar 82%.