PENGARUHHUBUNGANPERSONALPENGECER-PRODUSEN, DUKUNGANPEMASARANPRODUSENDANKEUNTUNGAN PENJUALANTERHADAPKEPUASANPENGECER (Studi pada Pengecer Produk PT Coca Cola Amatil Indonesia di Jepara)

Abstract

AbstrakDistribusi yang baik akan mempertahankan tingkat penjualan  yang  optimal . Hal  ini perlu ditunjang oleh pengecer yang menjangkau area pemasaran yang ditargetkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisfaktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengecer  yang  merupakan replikasi penelitian  Biong  ( 1993) dan Liu dan Leach  (2001).Objek penelitian yang dipilih adalah pada pengecer produk minuman produksi PT Coca Cola Amatil Indonesia di wilayah Jepara . Pemilihan pengecer yang sebagai sampel/responden diambil dengan metode random  sampling sebanyak 97 orang. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi  berganda.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis. variabel hubungan personal, dukungan pemasaran dan keuntungan penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengecer baik secara individual maupun secara simultan. Kata  kunci                 relationship  marketing,  kepuasan  pengecer,   hubungan  personal,  dukungan pemasaran   dan  keuntungan  penjualan