ANALISIS EFISIENSI PEMBERIAN KREDIT BERDASAR SEGMEN TERHADAP PENDAPATAN PADA PD BPR BKK JEPARA CABANG KEDUNG
Abstract
AbstractThe first objective of research is to analyze the contribution of credit and income based on market segment consisting of farmers, traders and employees. The second objective for knowing the relative efficiency of credit on income in each segment. The object of the research on PD BPR BKK Kedung Jepara Branch. The analysis was done using time series data over the period 2002 to 2007 with the ratio analysis technique. The data required are secondary data obtained from the BPR are collected by documentation. The study shows that the amount of loans and the proceeds have increased trend. The increase was driven by a segment of employees, while its farmers and traders tend to decrease. Analysis of efficiency in each segment indicates that the employees segment is efficient because the ratio is more than one, while the segment of farmers and traders are not efficient because the ratio is less than one.Keywords: efficiency, credit, income, market segmentAbstrakTujuan pertama penelitian adalah untuk menganalisis kontribusi pemberian kredit dan pendapatan berdasarkan segmen pasar yang terdiri dari segmen petani, pedagang dan pegawai. Tujuan kedua untuk mengetahui efisiensi relatif pemberian kredit terhadap pendapatan pada masing-masing segmen. Objek penelitian pada PD BPR BKK Jepara Cabang Kedung. Analisis dilakukan menggunakan data runtut waktu selama periode 2002 sampai 2007 dengan teknik analisis rasio. Data yang diperlukan adalah data sekunder yang diperoleh dari pihak BPR yang dikumpulkan dengan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kredit yang disalurkan dan pendapatan yang diperoleh memiliki trend yang meningkat. Peningkatan tersebut dipacu oleh segmen pegawai, sedangkan segmen petani dan pedagang cenderung menurun. Analisis efisiensi pada masing-masing segmen menunjukkan bahwa segmen yang efisien adalah segmen pegawai karena rasionya lebih dari satu, sedangkan segmen petani dan pedagang tidak efisien karena rasionya kurang dari satu.Kata kunci: efisiensi, kredit, pendapatan, segmen pasar