ANALISIS PENYEBAB DAN DAMPAK RENDAHNYA SEMANGAT KERJA GURU DI SLB-C YASPENLUB KABUPATEN DEMAK

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya semangat kerja guru di SLB-C Yaspenlub Kabupaten Demak tahun 2012 dan untuk mengetahui dampak dari rendahnya semangat kerja guru di SLB-C Yaspenlub Kabupaten Demak tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada semua guru SLB-C Yaspenlub Kabupaten Demak dan studi literatur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan interaktif model Miles Huberman. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   faktor   penyebab  rendahnya   semangat   kerja  guru  di  SLB-C Yaspenlub Kabupaten Demak tahun 2012 adalah rendahnya gaji atau upah dan insentif, lingkungan kerja yang tidak kondusif dan lingkungan kerja yang kurang bersih dan rapi, hubungan dan komunikasi antara pimpinan dengan bawahan serta guru dengan teman sejawat yang kurang harmonis dan komunikatif. Dampak yang ditimbulkan akibat rendahnya gaji dan insentif adalah penurunan kinerja guru, sedangkan dampak dari kondisi lingkungan yang tidak kondusif dan kurang bersih adalah guru serta para wali murid merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Dampak dari kurang harmonisnya hubungan antara pimpinan   dengan bawahan serta kurang komunikatifnya para guru membuat rendahnya rasa tanggung jawab dan sikap toleransi antara guru satu dengan guru lainnya. AbstractThis study aimed to determine the factors that cause low work spirit of teachers in SLB-C Yaspenlub Demak in 2012 and to determine the impact of the low work spirit of teachers in SLB-C Yaspenlub Demak in 2012 This study used qualitative research method which is collecting data through observation, interviews with all the teachers SLB-C Yaspenlub Demak and literature studies. Analysis of the data in this study used the interactive model of Miles Huberman. The examination of the validity of the data using the technique of data triangulation. The results showed that the factors causing low morale of teachers in SLB-C Yaspenlub Demak in 2012 are the low salary and incentives, uncondition work environment which is not clean there is no good communication between the leader and subordinates and among the teacher. The impact caused by low salaries and incentives is the decrease performance of teachers, while the impact of unconditional environment that not clean and less clean make the teachers and parents are not comfortable to do activities. The impact of the lack of harmony in the relationship between leaders and subordinates and less communicative teachers make a low sense of responsibility and tolerance among the teachers.