Studi Kepuasan Penumpang Kereta Api Kamandaka Jurusan Semarang-Purwokerto

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang Kereta Api Kamandaka Jurusan Semarang-Purwokerto PP. Adapun faktor yang dianalisis meliputi empat variabel independen yaitu pelayanan, fasilitas,  harga tiket, dan keamanan, serta bagaimana pengaruh keempat variabel independen tersebut terhadap kepuasan penumpang. Hipotesis yang dibuktikan dalam penelitian ini ada 4 (empat) hipotesis, yaitu diduga faktor pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang (Hipotesis 1), diduga faktor fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap  kepuasan penumpang (Hipotesis 2), diduga faktor harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang (Hipotesis 3), diduga faktor keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang (Hipotesis 4). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling, dimana sampel dipilih dengan syarat yang dipandang memiliki karakteristik tertentu yang relevan dengan yang dipersyaratkan dalam penelitian ini. Responden dalam penelitian ini sebanyak 93 responden yaitu para penumpang Kereta Api Kamandaka Jurusan Semarang-Purwokerto, PP. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS.versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang. Sedangkan ketiga variabel independen yang lain yaitu Pelayanan, harga tiket dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Kamandaka. AbstractThis research was conducted to analyze the factors that influence the satisfaction of Kamandaka Railway passengers Semarang-Purwokerto and return. The factors analyzed include four independent variables namely services, facilities, ticket prices, and security, and how the influence of these four independent variables on passenger satisfaction. Hypothesis proved in this research are 4 (four) hypothesis, that is suspected service factor have positive and significant influence to satisfaction of Kamandaka Train passenger (Hypothesis 1), suspected factor of facility have positive and significant effect to passenger satisfaction of Kamandaka Train (Hypothesis 2) Allegedly the ticket price factor has a positive and significant effect to the satisfaction of Kamandaka Train passengers (Hypothesis 3), it is assumed that the safety factor has a positive and significant effect to the satisfaction of Kamandaka Railway passengers (Hypothesis 4). The sampling technique used in this research is the purposive sampling method, in which the sample is selected on condition that is supposed to have certain characteristic relevant to that required in this research. Respondents in this study were 93 respondents ie passengers Kamandaka Railway Semarang-Purwokerto and return. The data analysis techniques in this study using SPSS version 21. The results of this study indicate that the variable facilities have no significant effect on passenger satisfaction. While the other three independent variables of service, ticket prices and security have a positive and significant effect on the satisfaction of Kamandaka Railway passengers.