PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 1 TEMON

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami dan menelaah (1) perencanaan kurikulum berbasisi kewirausahaan; (2) pelaksanaan kurikulum berbasis kewirausahaan; dan (3) evaluasi kurikulum berbasis kewirausahaan di SMAN 1 Temon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualititatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancra, dan studi kasus. Dari hasil penelitian didapatkan penjelasan sebagai berikut. (1) perencanaan kurikulum berbasis kewirausahaan dilakukan dengan menentukan struktur kurikulum sebagai dasarnya, setelah terbentuk struktur mulai disusun konsep struktur yang terdiri dari latar belakang, tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang akan digunakan untuk mengatur proses belajar mengajar di SMAN 1 Temon. (2) pada pelaksaan  kurikulum berbasis kewirausahaan, setiap tingkatan kelas peserta didik telah memiliki pengaturan yang berjenjang sesuai dengan dokumen kurikulum yang telah disusun, aspek kewirausahaan menjadi poin penting dalam setiap proses pembelajaran dan dari hasil belajar menghasilkan beberapa produk sebagai suatu pencapaian. Kata kunci: kurikulum berbasis kewirausahaan, kurikulum, pendidikan.