PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas V SDN 4 Sumberberas.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Penentuan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu keseluruhan siswa kelas V b yang berjumlah 12 Siswa. Proses pengumpulan data dengan menggunakan lembar  pengamatan saat proses pembelajaran, dan setelah proses pembelajaran. Lembar pengamatan yang di maksud mencakup nilai psikomotor, afektif, dan kognitif siswa mengenai teknik dasar servis dan smash bola voli. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran peer teaching yang diterapkanpada siswa kelas V b SDN 4 Sumberberas dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani pada materi bola voli yaituteknik dasar smash, servis atas, dan servis bawah. pada setiap siklus telah mengalami perubahan nilai yang dapat dikatan baik (tuntas) dengan masing-masing nilai akhir atau rata-rata pada siklus 2 di teknik dasar smash yaitu 79,62 lalu teknik dasar servis atas yaitu 80,59 dan teknik servis bawah yaitu 81,23.