Pemahaman Soteriologi Alkitabiah Mahasiswa Kristen UNS Surakarta

Abstract

Mahasiswa Kristen belum mengerti secara penuh soteriologi alkitabiah. Kondisi buruk ini diperparah dengan belum diketahuinya sumbangan pengajaran mata kuliah PAK terhadap pemahaman mahasiswa Kristen di perguruan tinggi tentang soteriologi alkitabiah. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui sumbangan pembelajaran mata kuliah PAK terhadap pemahaman mahasiswa Kristen, tentang soteriologi alkitabiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah 41 mahasiswa Kristen angkatan 2019 yang mengambil Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen di Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret (UNS) program Sarjana (S1). Temuan penelitian: (1) Pengajaran mata kuliah PAK menyumbangkan 13,5% pemahaman mahasiswa Kristen tentang soteriokogi alkitabiah; (2) Pengajaran mata kuliah PAK sangat diperngaruhi intensitas dan variasi metode penyampaian serta materi yang disampaikan.