Kajian Teologis dan Yuridis Sistem Pendidikan menurut Struktur Teks Kejadian 1:1-31

Abstract

Pelaksanaan pendidikan yang merujuk pada landasan yuridis yang ditetapkan oleh pemerintah berdampak pada keberlangsungan perguruan tinggi teologi dan agama Kristen dalam komunitariannya karena pertimbangan kajian teologis sesuai learning outcome keilmuannya. Persoalan mendasar untuk diteliti yaitu bagaimana kisah penciptaan pada awal Kitab Suci memberikan perspektif mengenai sistem pendidikan yang dipahami sebagai kajian teologis. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya memperkaya pemahaman mengenai sistem pendidikan berdasarkan kajian teologis dan yuridis sebagai acuan edukasi bagi realisasi mutual antara keduanya. Penulis menggunakan metode analisis narasi dan struktural dengan pendekatan observasi leksikal terhadap struktur dan narasi teks Kejadian 1:1-31 untuk menyumpulkan bahwa kajian teologis dan yuridis tidak saling bertentangan melainkan saling melengkapi dalam aktualisasi pendidikan oleh manusia dengan sikap mengasihi dengan lev?vk? atau “hati”, n?fšek? atau “jiwa” dan me’?d?k? atau kekuatannya untuk mengasihi Pencipta-Nya.