Peran Keteladanan Guru Dalam Membentuk karakter Disiplin Siswa SDN No.139/I Sungi Buluh

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran model guru dalam membentuk. karakter kedisiplinan siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data digunakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa peran guru juga merupakan panutan yang baik bagi siswa. Guru tidak boleh memberikan hukuman berat tetapi harus menjadi hukuman edukatif.Kata kunci: Guru, Model dan Disiplin AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran keteladanan guru dalam membentuk. karakter disiplin siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh.Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian di SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, data penyajian, dan verifikasi atau penyelesaian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan kesimpulan tentang peran guru juga sebagai teladan yang baik untuk peserta didik nya. Guru tidak bisa memberikan hukuman yang berat tetapi harus dihukum yang mendidikKata Kunci: Guru, Keteladanan, dan Disiplin