Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Korban Kekerasan
Abstract
Abstract: Konseling kelompok merupakan salah satu layanan konseling yang bermanfaat dan strategis dalam membantu anak-anak yang menghadapi masalah pribadi dengan menggunakan kontribusi pemikiran kelompok untuk mengatasi masalah pribadi. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT dalam peningkatan kepercayaan diri pada anak korban kekerasan. Konseling kelompok dengan pendekatan REBT dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak korban kekerasan dalam berinteraksi sosial. Oleh karena itu, diperlukan layanan konseling kelompok terhadap anak sehingga diharapkan guru pembimbing melakukan penanganan bersifat segera jika menemukan siswa yang menjadi korban kekerasan agar aktivitas serta interaksi sosial para siswa tidak terganggu. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah konseling kelompok dengan pendekatan REBT. Keywords: Counseling kelompok, REBT, Kepercayaan Diri, Korban Kekerasan.