MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DI MTS MA’ARIF TEMBARAK TEMANGGUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan mufrodat pembelajaran mufrodat menggunakan media realia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen menggunakan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil uji t disimpilkan bahwa terdapat perbedaan enguasaan mufrodat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kotrol. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan perolehan hasil hipotesis uji t taraf signifikasi 1% thitung= 3,07 dan dk= 60 didapatkan ttabel= 2,66 karena thitung lebih besar dari ttabel. Dan diperoleh nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,87% sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 67,19%. Dari rata-rata peningkatan penguasaan mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 23, 68%. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa pengunaan media realia dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dan dapat dijadikan alternativ dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufrodat.