PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU “DOMIRA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PEMALANG

Abstract

Pendidikan dan pengajaran bahasa Arab perlu dicarikan formulasi yang sesuai dan tepat, terutama yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran saat ini, yang dirasa masih kurang media yang mendukung pembelajaran bahasa Arab, dari hal tersebut penulis tertarik secara nyata melakukan penelitian ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dan tepat dalam membantu pengembangan potensi siswa dalam belajar bahasa Arab untuk siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 02 Pemalang, dilihat dari segi hasil validasi ahli media, ahli materi serta respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran kartu domira yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan (2) desain pembelajaran (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) uji respon (6) revisi (7) produk final. Proses validasi dilakukan oleh satu ahli media dan ahli materi, subjek penelitian adalah guru bahasa Arab, dan siswa . Data di peroleh dari angket untuk ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan pada aspek pembelajaran, aspek media, dan aspek materi, kemudian data di analisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil respon siswa menunjukan bahwa media kartu domira memudahkan mereka dalam belajar bahasa Arab khususnya pada peningkatan kosakata, secara keseluruhan media yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi siswa dan gairah belajar bagi siswa. Media kartu domira memungkinkan siswa atau peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya. Juga memungkinkan dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.