PERAN PROMOSI DALAM MEMEDIASI LINGKUNGAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (STUDI DI KOTA LHOKSEUMAWE)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranpromosi dalam memediasi lingkungan pemasaran onlineterhadap perilaku pembelian online pada masyarakat KotaLhokseumawe. Penelitian ini dilakukan di Kota Lhokseumawe,sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan metodepurposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melaluipenyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakanadalah berupa analisis jalur disertai Uji Sobel digunakan untukmenguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitan inimenunjukkan bahwa lingkungan pemasaran online secara positif dan signifikan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen online. Lingkungan pemasaran online berpengaruh positif dansignifikan terhadap promosi. Promosi berpengaruh positif secarasignifikan terhadap perilaku pembelian konsumen online.Terakhir, promosi dapat memediasi secara signifikan lingkunganpemasaran online terhadap perilaku pembelian konsumenonline.