Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial

Abstract

Potret pendidikan di Indonesia pada era revolusi industry 4.0 menuntut reformasi demi mengantar generasi milenial yang merupakan bonus demografi memasuki Indonesia Emas pada 2045 sehingga mereka menjadi anak bangsa yang siap bersaing di era globalisasi sekaligus sebagai manusia merdeka yang siap berkolaborasi untuk kebaikan bersama. Peserta didik sebagai generasi milenial tumbuh di lingkungan dengan tingkat kecanggihan sistem teknologi informasi yang massive sehingga menjadi  tantangan bagi pendidik yang sebagian besar masih migrant-digital, sehingga pendidik perlu mengembangkan kompetensi dan profesionalitasnya dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi komputerisasi demi efektivitas pembelajaran bagi peserta didik yang merupakan native-digital. Kajian model teologi praktis terhadap Pendidikan Agama Kristen penting mendasari pertimbangan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang efektif dan relevan bagi peserta didik yang merupakan objek sekaligus subjek pendidikan baik di lingkungan lembaga pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) maupun nonformal (lembaga agama) sebagai pembekalan spiritualitas dan iman.