Rasionalitas Orang Tua Terhadap Sistem Full Day School Di LPI Sabilillah Malang

Abstract

Salah satu fenomena akhir-akhir ini adalah munculnya pelayanan full day school. Memasukkan anak ke sekolah full day school, belakangan ini menjadi salah satu solusi bagi orangtua yang keduanya bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana rasionalitas pilihan orang tua terhadap sistem full day school di LPI Sabilillah Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma definisi sosial. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analysis interaktive model Miles Huberman dan Saldana berupa Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Penelitian ini menggunakan perspektif teori pilihan rasional James Coleman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rasionalitas pilihan orang tua diawali dari pemahaman orang tua terhadap full day school yang didapat dari proses sosialisasi melalui keluarga, media massa dan teman, yaitu dipahami sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak, sebagai tempat belajar religiusitas, dan sebagai tempat elit dan bergengsi. Rasionalitas pilihan orang tua berupa keputusan yang mendatangkan banyak keuntungan (benefit) dan sedikit kerugian (biaya/ cost) bagi keluarganya, terutama keuntungan ekonomi yang kemudian diikuti keuntungan dalam dimensidimensi abstrak seperti pertimbangan religius, psikologis dan sosial