KONSEP PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH SALATIGA JAWA TENGAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah, dengan dibatasi pada filsafat pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode pengajaran, metode pendidikan agama, dan lulusannya. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga, Jawa Tengah.Pembelajarannya berisikan dua hal, yakni masyarakat belajar (learning society) dan kebebasan (freedom, free will). Masyarakat belajar yang digagas Bahruddin, pendiri dan pengelola, dipahami sebagai orang-orang dalam komunitas yang terus-menerus belajar untuk menyelesaikan masalah-masalah mereka dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Mereka belajar sesuai dengan tingkat umur dan pekerjaan mereka. Orang-orang tua yang sudah bekerja untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam pekerjaan mereka. Warga belajar memiliki kebebasan untuk menentukan diri sendiri dan memilih. Semua warga belajar, termasuk pendamping dan pengelola, bebas untuk berkehendak, berkeinginan dan menyalurkan kehendak dan keingian mereka.Kata kunci: Konsep, Sekolah Alternatif, Qoryah Thoyyibah.