PENANGANAN DAN EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK

Abstract

ABSTRAKSeorang pembimbing yang baik perlu mempunyai minat terhadap pekerjaan dengan orang lain dan harus mempunyai kemampuan untuk bertindak dan bertingkah laku secara ramah dan bijaksana terhadap klien.Pada umumnya guru biasa membatasi dirinya pada kasus-kasus yang tidak begitu berat di dalam kelasnya. Guru pembimbing diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih lengkap mengenai kepribadian peserta didik serta teknik-teknik untuk mengadakan wawancara, serta menghadapi kasus-kasus yang lebih besar. Tetapi meskipun demikian, dalam hal-hal yang amat berat ia harus minta pelayanan kepada orang yang ahli, seperti: dokter, psikolog atau klinik bimbingan yang memiliki perlengkapan yang memadai. Metode yang digunakan adalah kajian literature yang membahas tentang pentingnya Program perencanaan dan evaluasi program bimbingan dan konseling pada anak, sebelum anak melaksanakan kegiatan bimbingan, anak dan guru telah memahami program dan perencanaan bimbingan terlebih dahulu. Dimana program yang dibuat berlanjut pada proses pengaplikasian untuk mewujudkan perencanaan program tertentu. Setelah proses pengaplikasian dilajutkan melaksanakan program evaluasi dengan memperhatikan teknik-teknik evaluasi. Sehingga hal yang dievaluasi tepat pada sasaran dan ditemukannya hasil dari bimbingan konseling. Kata kunci: Penanganan Bimbingan Konseling, Evaluasi Bimbingan Konseling