PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI PAUD ASUHAN BUNDA KABUPATEN ASAHAN
Abstract
AbstrakTulisan ini menyajikan tentang peranan seorang pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui metode eksperimen. Seorang pendidik harus mampu memberikan stimulasi aktif dalam mengeksplor setiap potensi kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dan jenis kegiatan eksperimen yang dapat memicu kreativitas anak usia dini. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitiandi PAUD Asuhan Bunda dapat disimpulkan bahwa seorang pendidik memiliki peran yang fundamental dalam setiap perkembangan anak usia dini, termasuk di dalamnya kreativitas anak, seorang pendidik harus memberikan stimulasi aktif dan mengeksplor segala potensi kreativitas anak, jenis kegiatan eksperimen yang dilakukan di PAUD Asuhan Bunda diantaranya makanan ajaib, mencampur warna, dan minuman rasa baru.Kata Kunci: Peranan Guru, Kreativitas Anak Usia Dini, Metode Eksperimen