PENGGUNAAN METODE CERITA DONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN MINAT PADA ANAK TK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan minat pada anak TK melalui metode cerita dongeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 31 orang anak TK. Sampel yang digunakan adalah non random sampling. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan minat pada anak terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilaksanakan penelitian, anak yang tuntas secara keseluruhan adalah 10 orang dengan persentase 32,25% dengan kategori nilai “kurang“. Selanjutnya setelah diadakan penelitian pertama anak yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 19 orang anak dengan persentase 61,29% dengan kategori nilai “cukup“, dan pada penelitian kedua anak yang tuntas keseluruhan adalah 25 orang anak atau dengan persentase 80,64% dengan kategori nilai “baik“. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cerita dongeng efektif dalam mengembangkan minat pada anak TK.Kata kunci : metode, cerita dongeng, minat anak