MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH BEKU KARANGANOM KLATEN
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Beku, Karanganom Klaten. Dalam mencari data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan metode dokumentas. Yang menjadi obyek penelitian adalah Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Beku, Karanganom, Klaten. Setelah penulis berusahan mencari data-data yang dibutuhkan maka penulis dapat mengambil kesimpulan adalah Bahwa kepala sekolah membuat struktur oraganisasi yang ada di PAUD Bustanul Athfal Aisyiyah Beku Karanganom Klaten antara lain pembina, penasehat, kepada sekolah, sekretaris, bendahara, staf administrasi, pendidik (guru), guru Bimbingan Konseling, Dokter anak, operator, dan tata usaha serta office boy. Semua itu bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dan terkadang juga bekerja bersama-sama. Dengan adanya pembagian tugas yang jelas maka perkerjaan yang ada di PAUD Bustanul Athfal Aisyiyah Beku Karanganom Klaten dapat diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan dan dengan baik. Selain itu juga ada materi pendidikan agama Islam antara lain Dawaamul Qur’an, Mutiara Al Qur’an, mutiara hadis, doa sehari, dzikir harian, asmaul husna. Selain itu telah melakukan cara penilaian yaitu dengan cara Pengamatan atau observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, penialian hasil karya, pencatatan anekdot, portofolio Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini