IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Abstract

Implementasi strategi marketing mix dalam pemasaran jasa pendidikan di TK Negeri 2 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix di TK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Negeri 2 Yogyakarta menggunakan strategi marketing mix dalam memasaran jasa pendidikannya. Strategi marketing mix yang digunakan adalah 7P, yang terdiri dari: product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Product yang ditawarkan adalah sekolah multikultural berwawasan budaya. Price yang ditawarkan sangat terjangkau sesuai kebutuhan peserta didik. Place yang disediakan sangat strategis. Promotion menggunakan website sebagai media promosi utama. People yang tersedia sangat professional dan berkompeten. Physical evidence yang disediakan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Process pembelajaran menggunkan empat model pembelajaran, yaitu: BCCT, area, sudut dan pengaman.Kata kunci: pemasaran, jasa pendidikan, marketing mix