MANAJEMEN KETELADANAN GURU RA BERPRESTASI DI YOGYAKARTA

Abstract

AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengungkap manajemen keteladanan guru RA berprestasi yang termenej di Yogyakarta, sehingga diperoleh guru RA yang mampu menjadi teladan dengan bersungguh-sungguh mempelajari pelajarannya, dengan selalu mencari informasi untuk menjaga agar pelajaran tersebut tidak ketinggalan zaman (never up to date), bersemangat dalam mengajar, memperhatikan murid-muridnya, bersikap adil, mempunyai ekspresi yang cerah, selalu menjaga penampilan, menarik dan menyenangkan, cepat tanggap dan waspada, mempunyai perhatian yang besar dan pengalaman yang luas, serta mampu memberikan motivasi semangat belajar kepada peserta didiknya. Kualitas-kualitas tersebut akan mengantarkan guru menjadi sosok yang disenangi dan dikagumi bagi peserta didiknya. Dan ini akan memudahkan guru dalam melakukan tugasnya, yakni mengajarkan materi atau bahan kepada peserta didik, akhirnya peserta didik mampu mengerti perihal yang disampaikan kepadanya. Fokus perhatian peserta didik pada pribadi gurunya, merupakan hal yang perlu dalam keberhasilanproses belajar maupun mengajarnya. Bagi peserta didik yang telah tertarik pada gurunya, maka dia akan patuh kepada guru tersebut. Dan dia akan melakukan apa saja yang diperintahkan kepadanya. Secara tidak langsung, mereka akan mencontoh sesuatu yang berada dalam diri pribadi guru tersebut. Allah SWT mengingatkan: “Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. As-Shoff,61: 3).Kata kunci: manajemen, keteladanan, Guru RA