METODE PEMBIASAAN DALAM PERKEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP PERILAKU BELAJAR ANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode  pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal Al-Muttaqqin Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan Matching Pretest post-test Control Group Design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak RA Al-Muttaqqin, dengan objek penelitian pengaruh metode pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal Al-Muttaqqin Pekanbaru. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 15.Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 119,979 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam perkembangan moral agama terhadap perilaku belajar anak. jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap metode pembiasaan pada anak. pengaruh metode  pembiasaan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama terhadap perilaku belajar anak di Raudhatul Athfal Al-Muttaqqin Pekanbaru sebesar 96,10 %. Kata Kunci: Pembiasaan, Perkembangan Moral Nilai-Nilai Agama, Perilaku Belajar Anak.